Minggu, 27 November 2005

Front View


Perubahan dilakukan pada stang dengan mengganti stang standard. Stang diganti dengan yang lebih melebar sehingga biker lebih nyaman. Posisi dalam keadaan netral (lampu hijau menyala/N)

Sabtu, 26 November 2005

The Eliminator 175


Gambar Samping


Eliminator dari samping. Samping Kanan ada Lampu rotatetor ditutup Canvas hitam.

Kawasaki Eliminator 175 Th 2001



Kawasaki Eliminator ini keluaran tahun 2001 dengan beberapa penambahan variasi seperti lampu blitz 2 buah, custom bag guards, engine guard, sirene, dan rotator lamp.

Jumat, 25 November 2005

Tips Perawatan Kawasaki Eliminator

Buat buku pegangan pribadi untuk mencatat jarak KM, jadwal servis, pergantian oli, busi atau komponen lainnya. Hal ini untuk memudahkan pada servis berikutnya supaya tidak terlewat yang akan mengakibatkan kerusakan mesin/komponen penting lainnya.
Lakukan penggantian oli secara teratur (setiap 2000 km)
Ganti Busi – setiap 4000 Km, (untuk harga busi original harganya sekitar Rp. 125 ribu, tapi eliminator saya menggunakan busi untuk Honda Kharisma saja (Cuma Rp. 9500.-) tapi kualitasnya sama saja – ini juga saran dari montir kenalan saya .
Gunakan oli yang tahan untuk touring.
Penggantian filter oli biasanya kalau sudah mencapai 7-10.000 Km.
Jangan biarkan menyimpan motor dalam keadaan kotor (apalagi bekas kehujanan) – hal ini akan mengakibatkan karat dan merusak cat.
Lakukan pembersihan secara berkala dan menyeluruh setelah touring/ kehujanan karena cipratan ban depan baik lumpur / air akan masuk ke bawah tangki bensin. Bersihkan dengan air slang yang tidak dipancarkan / tekanan tinggi, tapi di basuh biasa saja sehingga lumpurnya akan turun dan lakukan berulang kali hingga bersih (untuk menghindari air masuk ke bagian komponan bawah tangki seperti CDI, regulator dsb), mesin dan bagian bawah mesin disikat dengan sikat plastik yang halus, bersihkan semua kotoran di body motor, bawah spack board dan sela-sela bagian bawah motor. Setelah semua body bebas lumpur, baru di seka dengan shampo motor dengan memakai spons/busa, lalu bilas dengan air bersih.
Keringkan dengan lap penyerap air (semacam Kanebo). Setelah kering lap dengan lap planel dengan campuran kit.
Untuk bagian pernekel saya gunakan Magicsol dengan lap planel, pasti kinclong . Khususnya bagian – bagian pernekel harus tetap bersih untuk menghindari karat.
Apabila tidak digunakan motor harus tetap dipanasin, dipakai keliling kompek / perumahan agar baterai tetap ngisi dan awet. Hal ini juga untuk mengindari agar semut/kecoa dan mahluk asing lainnya yang nyelinap di bagian motor pada keluar, kepanasan kali ya…!.
Lakukan pemeriksaan dan perawatan accu dan air accu dengan mengisi air accu apabila airnya sudah ada di lower level.
Apabila motor tidak dapat di-start – jangan sekali kali di dorong / dipaksa nyala hal ini akan mengakibatkan kerusakan bagian dalam mesin - tapi BUKA baterai-nya dan diisi / di charge kemungkinan besar stroom accu nya menurun karena baterai lemah/ rusak – apabila rusak ganti dengan accu baru - karena khas motor ini tidak ada kick starternya.
Selalu periksa dan bersihkan rantai gear. Jangan gunakan minyak tanah / bensin TAPI gunakan WD 40 baik untuk membersihkan atau melumasinya.
Secara berkala buka tutup rantai sebelah kiri. Bersihkan gear depannya dengan WD 40 dan kwas halus. Lap hingga bersih.
Setiap setahun sekali / menurut pemakaian ganti canvas tromol rem depan dan belakang. Jangan sampai besi rem belakang makan tromol. Beli original canvas rem di Dealer Kawasaki sekitar Rp. 60.000 sepasang. (pengalaman apabila tidak pas bagian bawah – di gerinda sampai pas bebearapa mili saja. Memang ada aja yang tidak pas.
Bersihkan secara berkala bagian bawan jok dengan membuka sandaran terlebih dahulu. (yan wr)

Kawasaki Eliminator 175 CC


Kamis, 24 November 2005

Kawasaki Eliminator 175 CC


Kawasaki Eliminator 175, merupakan salah satu produk motor yang cocok untuk touring bergaya classic motorcycle. Kuda besi ini memiliki dapur pacu 4-tak, SOHC, silinder tunggal. Sebenarnya kapasitas pasnya adalah 173,9 cc. Sedangkan pendinginannya alamiah alias memakai aliran udara. Pasokan bahan bakar mengaplikasi karburator Mikuni BSR30. Transmisi 5-speed dengan sistem kopling manual (Wet multi disc). Tenaga maksimum sekitar 16 dk di kitiran 8.500 rpm. Momen puntirnya 1,4 kg pada 7.500 rpm. Sokbrekernya teleskopik sedangkan bagian belakang memakai lengan ayun. Ban ala chopper, depan 90/90-17 dan belakang 130/90-15. Aksesori pun gaya chopper abis. Jok bertingkat. Asiknya pembonceng bisa senderan. Setang tinggi ditumpu di atas raiser. Footstep menjorok ke depan. Tangki bensin desain tear-drop muat 14 liter + 3,5 liter bahan bakar cadangan. Di atas tangki ada panel instrumen, walau cuma lampu sein, netral dan beam. Khas motor seperti ini adalah tidak ada kick starter hanya dilengkapi sistem starter. Rem bagian depan dilengkapi cakram sedangkan rem bagian belakang memakai tromol. Type Eliminator 175 ini memiliki panjang 2155 mm, tinggi 1025 mm dan lebarnya 765 mm. Untuk tinggi tempat duduk adalah 680 mm dan memang kelihatan agak pendek dibanding motor sport., hal ini dimungkinkan para biker lebih nyaman untuk menjelajah jalanan jarak jauh alias touring. Sistem kelistrikannya dilengkapi dengan baterai 12 V - 9 Ampere dengan lampu depan12 V 60/55 Watt. (yan wr)